Strategi Pada Peluang Bisnis Online


Strategi Pada Peluang Bisnis Online

Strategi Pada Peluang Bisnis Online - Peluang yang serba komplit dan serba luas. Kalimat ini yang mungkin harus ditekankan pada pikiran kita semua. Agar mengerti, peluang bisnis online tidak sebatas yang banyak dipikirkan orang awam yaitu "Investasi" atau “Main Saham”. Bahkan investasi dan saham bukan dikatakan bisnis online. Jelas bukan! karena merupakan investasi.

Ada apa pada peluang bisnis online? Maka jawabannya adalah ada banyak.

Sekarng era online. Era online pun dimulai dengan sarana komputer yang cukup berat. Lalu menambah sarana lagi yaitu lewat laptop yang beratnya cukup ringan. Lalu sekarang ini zaman tablet dan smartphone yang membuat aktifitas internetan sambil tidur bebas.

Dengan era online yang semakin canggih maka tandanya banyak yang mahir menggunakannya. Bila begitu, ada apa dengan peluang bisnis online? Maka jawabanya sekali lagi adalah ada banyak peluang bisnis. Tidak bisa berkata hanya ini atau hanya itu. Yaps, peluang bisnis banyak beredar dengan menggunakan media internet.

Sudah banyak orang yang sukses dengan memanfaatkan teknologi internet, baik sebagai pekerja online atau pebisnis online. Itu sebagai bukti bahwa melalui media internet bisa menghasilkan kekayaan yang tidak main-main.

Bahkan bila kita mau jujur, seorang anak di bawah 15 tahun pun bisa menghasilkan uang melalui internet. Anak-anak banyak yang keratif dalam skill dan pengetahuan. Tinggal sebagai pihak orang tua mengarahkan anak untuk mau membangkan dalam dunia bisnis online. Ini tidak cerita hayalan.

Anda tahu master chef junior? Kira-kira umurnya berapa tahun? Yang jelas umurnya di bawah 15 tahun. Tidak ada yang di atas. Kira-kira bagaimana kualitas skill yang dimilikinya dalam memasak? Jago kan? Bila ternyata anak menjual sesuatu hasil keahliannya, tentu sangat bisa!

Tentu, semua tinggal bagaimana sebuah bisnis online dikelola dan bagaimana strategi bisnis dijalankan dengan harapan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Dalam hal ini menghasilkan pundi-pundi uang.

Kebanyakan bisa menjadi peluang bisnis dengan menyesuaikan diri pada media online. Namun kunci yang patut diperhatikan adalah "penjualan". Tema penjualan bisa produk atau jasa. Bisa menjual milik sendiri atau orang lain. Tentunya agar kita paham tentang bisnis online. Jangan terfokus bisnis online yang salah diartikan seperti "game online", "investasi online". Bisnis online banyak jenisnya. Dan yang pasti, internet hanyalah media.

Nah, apakah anda ingin membangun bisnis online? Anda patut mencoba, sebagai sampingan atau utama. Tidak ada kata "salah satu" bila menyangkut peluang bisnis online. Bila memang sibuk kerja, tidak harus keluar kerja gara-gara bisnis. Juga, jangan dikira bisnis online hanya bisa sebagai sampingan saja.

Sebelum membangun bisnis online, maka perlu memperhatikan sebagai berikut:

1. Memilih produk/jasa yang akan dipasarkan lewat media online

Bila ada yang berkata bisnis online tidak membutuhkan produk/jasa maka katakan saja "dusta". Jelas semua berlaku seperti bisnis pada umumnya. Ada perbedaan namun tidak menghilangkan prinsip bisnis.

Dalam bisnis online ada yang membuat program bisnis sendiri dan ada yang tergabung dalam program orang lain yang disebut seperti affiliate program atau jasa layanan. Anda bisa menentukan memilih yang seperti apa. Bila punya banyak waktu dan modal maka cocok memilih membuat program bisnis sendiri. Bila status sebagai karyawan maka bisa memilih program affiliate seperti affiliate program di Clickbank.com.

Intinya adalah menentukan produk/jasa yang tepat untuk pasar online.

2. Pemetaan target pasar

Nah, memilih pasar yang tepat untuk penjualan produk/jasa anda perlu dilakukan. Jangan mengira-ngira pasti banyak yang membutuhkan. Harus dilihat apakah ada pasar yang membutuhkan produk/jasa yang anda jual atau tidak. Memang bisa membentuk pasar tersendiri namun butuh proses yang panjang.

Tentunya melihat ada pasar atau tidak harus dilihat dengan Google Adwords atau situs lainnya yang bisa digunakan untuk riset pasar.

3. Strategi dan media pemasaran online yang dipakai

Seperti halnya bisnis pada umumnya, bisnis secara online pun membutuhkan strategi marketing. Memang pengunjung akan datang sendirinya dan membeli. Namun kalau tidak memakai strategi marketing, siapa yang akan mengunjungi dan membeli yang ditawarkannya? Nah, perlu strategi marketing yang bisa membuat mereka mengunjungi dan membeli.

Tentu, harus membuat blog, salah satunya. Dengan membuat blog yang profesional dan sesuai dengan marketing SEO maka pengunjung akan datang dan berlimpah juga. Dengan dilengkapi marketing berikutnya maka sebagian pengunjung akan membeli produk anda. Dan seterusnya.

4. Solusi pengiriman produk?

Bila berbentuk fisik maka tentukan jasa kurir yang diperlukan. Bila berbentuk digital maka diperlukan layanan download atau bentuk CD untuk dikirim via kurir. Hal ini penting. Bila memang barang tidak dikirim, apakah ini bentuk bisnis? Tidak kan? Jadi harus memikirkan fasilitas pengiriman produk.

***

Dengan melihat 4 langkah utama bisnis, jelas kan bahwa bisnis online sama saja dengan bisnis pada umumnya? Bisnis online artinya bisnis dengan layanan online. Sederhana.

Baca: Cara Berani Memulai Bisnis Modal Kecil

Ada banyak peluang bisnis online. Anda tinggal menentukan strategi bisnis agar mendapatkan peluang yang cocok untuk diri anda. Banyak peluang bisnis namun tidak banyak yang cocok untuk diri anda.

Jasa Minisite Usaha Online Dan Clickbank

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!