Dua Peluang Jasa Pembangunan Blog Bisnis

blog


Ada ya peluang bisnis jasa pembangunan blog bisnis? Tentu ada. Karena saya pun sedang melakukannya sebagai pihak pembangun blog bisnis. Dan memang peluang bisnis online memang serba ada, tinggal memilih untuk menentukan cocok atau tidaknya. Nah, kali ini saya akan menjelaskan peluang bisnis jasa pembangunan blog bisnis. Barangkali ini cocok untuk anda.

Sebenarnya peluang bisnis ini sudah jadul, namun mungkin jarang ada orang yang membahasnya sehingga terkesan baru. Dalam menjalankan peluang bisnis ini, memang ada dua cara dalam menjalankannya. Ada yang sekedar membangun blog bisnis untuk kepentingan orang lain atau dengan sistem kerjasama dalam pembangunan blog. Saya akan menjelaskan kedua jenis peluang jasa pengembangan blog bisnis.


Peluang Bisnis Murni Jasa Pembangunan Blog Bisnis

Dalam menjalankan peluang bisnis ini, pihak yang berkepentingan dalam membangun blog bisnis adalah orang lain. Orang lain yang sebagai pemodal dan kita sendiri yang sebagai orang yang membangun blog sesuai keinginan klien. Tentunya, sebagai penyedia jasa pembangunan blog bisnis, harus bisa menguasai berbagai hal. Jangan sampai malah klien direpotkan dengan hal-hal yang semetinya dilakukan oleh pihak jasa.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan jasa pembangunan blog bisnis:

1. Memahami pemrograman dan internet

 Memahami pemrograman yang dimaksud adalah pemrograman yang ada kaitannya dengan blog yang sebagai media penampungan informasi. Saya kira banyak yang sudah paham dan kenal mengenai berbagai media blog seperti Blogger.com dan Wordpress.com. Cukup menguasai pemrograman blog yang berfokus pada Blogger.com dan Wordpress.

Seberapa ukuran kemampuan menguasai pemrograman blog? Tentu dinilai dengan pengalaman-pengalaman yang sudah pernah dilakukan. Untuk itu, sebelum memanfaatkan peluang bisnis pembangunan blog ini, seharusnya sudah berpengaaman dan meraih kesuksesan.  Rata-rata, memang tidak perlu membutuhkan penguasaan yang mendalam dalam dunia pemrograman web, karena sudah ada jasa pembuatan blog yang lebih profesional dengan harga yang terjangkau.

Namun penguasaan yang dibutuhkan dalam menjalankan peluang bisnis jasa pembangunan blog bisnis adalah hal-hal yang di luar pengurusan jasa pembuat desain blog. Seperti memilih hosting yang bagus, memilih desain yang bagus dan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan internet.

Intinya adalah sesuai ukuran kemampuan diri kita sendiri dan memang sudah terbukti sukses dalam membangun blog bisnis.

2. Menguasai tulis-menulis dua bahasa

Setidaknya penyedia jasa blog bisnis bisa menguasai dunia tulis-menulis yang sudah menjadi standar dunia blogging. Syukur-syukur menguasai dua jenis bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Biasanya, pasar yang bagus adalah pasar luar negeri, walau ini bergantung produk yang dijual. Bagi yang sudah percaya dengan kredibilitas penyedia jasa, mereka akan berani memilih blog bisnis pasar luar negeri walau tidak paham bahasa Inggris. Karena bagi yang belum bisa bahasa Inggris, akan memiliki kekhawatiran bila memilih penyedia jasa blog bisnis. Khawatir tulisannya asal-asalan atau copas.

Intinya, mau tidak mau harus menguasai dunia tulis-menulis dan bekerja dengan cepat. Bila memang klien sudah banyak yang memakai jasa penyedia jasa yang kita dirikan, tinggal memilih pegawai baru yang menguasai tulis-menulis dalam media blog.

3. Menguasai SEO dan marketing online

Blogger yang sudah merasakan kesuksesan dalam membangun blog bisnis, tentu akan memahami tentang SEO. Bila sudah menguasai, tentu sangat baik bila digunakan untuk memanfaatkan peluang bisnis jasa pembangunan blog. Tentu karena sudah dipercaya mampu menguasai dalam hal SEO yang dinilai sangat penting dalam dunia blogging selain konten.

Daripada anda sekedar membuka jasa SEO blog, yang tentunya para blogger yang meminta jasa anda belum tentu paham membuat blog sesuai SEO, lebih baik anda memanfaatkan peluang bisnis ini untuk membantu para pebisnis yang kesulitan dalam hal konten artikel dan SEO.


Peluang Bisnis Kerjasama Jasa Pembangunan Blog Bisnis

Ini yang sedang saya lakukan untuk sementara ini. Karena, saya mengakui bahwa saya kurang mendalami dalam hal yang sudah jelaskan di atas sebagai upaya memanfaatkan dengan baik peluang bisnis jasa blog ini. Ketika sudah memiliki pengalaman yang terbilang sukses, mungkin akan menambah ke hal yang sudah dijelaskan di atas.

Saya hanya melakukan kerjasama dengan orang lain yang memiliki kemahiran dalam menulis. Kebetulan blog yang saya buat target marketinya luar negeri dan tidak bisa bahasa Inggris sehingga membutuhkan penulis yang bisa menulis inggris.

Hal yang saya lakukan dalam kerjasama jasa pembangunan blog bisnis ini, dan tentu dilakukan juga untuk cara di atas (Jasa Pembangunan Blog Bisnis) adalah:

1. Melakukan pembangunan blog

Dalam hal ini, saya melakukan pembangunan blog bisnis utama dan blog bisnis jaringan. Dengan melakukan seperti ini, tentu di mata penulis ada nilai kerjanya. Walau saya tidak menulis, saya tetap melakukan pekerjaan lain yang memang sama-sama berat. Membangun blog utama tentu dengan artikel-artikel yang sudah dilakukan penulis. Namun untuk membuat blog jaringan, saya melakukan sendiri dengan cara mencari artikel dan di translit.

Blog utama berjumlah satu blog tetapi blog jaringan bisa mencapai 20:40, bergantung tingkat persaingan antar blog. Kebetulan tingkat persaingan blog yang saya buat memang berat, sehingga saya buat blog jaringan minimal 20 blog.

2.    Melakukan kegiatan optmasi blog dengan teknik SEO dan marketing online lainnya

Melakukan hal ini yang membuat pekerjaan saya terbilang berat walau saya tidak menulis. Blog utama dan blog jaringan harus saya optimasi menggunakan teknik SEO. Tujuannya tentu agar menang dalam posisi di search engine yang ujungnya mendapat trafik melimpah.

Bila teknik SEO sudah sukses dalam pembangunan blog, tentu akan menggunakan teknik marketing lain agar meghasilkan trafik yang di luar search engine. Karena, terpenting adalah ketika sudah menghasilkan pengunjung dari search engine maka harus mempertahankan pengunjung agar menjadi pelanggan setia. Mengubah pengunjung menjadi pelanggan inilah yang membutuhkan teknik marketing online yang lain.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!