Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Riset Pasar Untuk Produk Clickbank?

Untuk riset pasar, ada serangkaian yang perlu diperhatikan dari pengalaman belajar saya bersama guru internet marketer kelas dunia, Gm Susanto. Namun disini saya memandang diri saya sebagai pemula yang sibuk dan tidak mau repot dengan kegiatan riset pasar.


Tapi, pada dasarnya riset pasar bisa dilakukan sederhana saja.Dalam bisnis, harus melihat kondisi pasar. Bila memang kita tidak melihat kondisi pasar, maka akan sulit mendapatkan penjualan yang diinginkan.

Yang perlu ditekankan adalah, semua bisa dijual secara online. Ini yang perlu Anda tekankan dalam pikiran. Tapi tidak semua yang dijual secara online bisa mendapatkan penjualan. Ini yang sangat penting ditekankan. Kenapa? Karena kita perlu berpikir sebelum bertindak. Salah satunya adalah riset pasar.

Rekan guru saya bercerita bahwa ia menjual boneka berbi ke luar negeri lewat situs Ebay. Tahu kan Ebay? Semacam toko bagus. Wajar kan kalau dia menjual berby? Karena memang mudah dan boneka yang banyak diminati orang. Namun, justru yang dijual adalah boneka yang sudah tidak baru lagi dengan harga yang tidak asal karena memang ongkos kirim ditanggung pembeli. Ternyata apa? Ada yang beli juga.

Kemungkinan boneka itu memiliki hal yang unik. Dan tentu karena pasar boneka berbi bagus apalagi di nagara manju seperti Amerka Seringat dan lainnya.

Dengan melihat kondisi pasar maka akan dengan mudah mendapatkan penjualan. Namun contoh di atas adalah contoh untuk penjualan yang tidak ada urusannya dengan kata kunci.

Bila memang kita menjual produk Clickbank dengan menggunakan blog, tentu harus memperhatikan pasar dengan menggunakan alat. Alat yang dimaksud adalah “Google Adwords”. Saya disini tidak akan menjelaskan mengenai hal teknik riset pasar. Karena hal teknis bisa Anda minta bantuan kepada saya atau cari di internet.

Baca: Memilih Produk Affiliate Di Clickbank.com

Sebagai contoh, saya sudah menyiapkan beberapa kata kata kunci tentang produk Clickbank tema Acne.

Pertama-tama memang kita tidak selalu harus meriset kata kunci (pasar) lebih awal. Tetapi melihat diri kita terhadap produk yang mau kita jual. Tentu kita harus me-list apa saja yang menjadi alasan kenapa kita menjual produk A, produk B atau produk lainnya. Dalam hal ini yang saya contohkan adalah tema jerawat.

Kenapa kita mau menjual produk Clickbank tema Acne?
  • Penyuka berbagai produk kecantikan kulit yang menyehatkan.
  • Memahami berbagai jenis kulit, kesehatan kulit dan jerawat.
  • Memiliki wajar berjerawat dan saudara wanita berjerawat yang berhasil disembuhkan lewat produk yang akan dijual.
  • Dll

Dari sekian banyak produk Clickbank, ternyata setelah menjalani list mengenai penilaian produk terhadap kehidupan kita maka yang lebih kuat adalah produk tema Acne.

Yes, Anda akan menjual produk Clickbank acne karena ini lebih kepada persahabatan dengan diri Anda. Dan Anda lebih menyukai produk wanita bila untuk jualan dengan alasan, Anda menganggap pasar acne untuk wanita lebih laku.

Maka kita akan meriset kata kunci acne. Ternyata hasilnya seperti ini. Misal saja.
  • Acne No More = 5400
  • Adult Acne = 5400 
  • Baby Acne = 729
    Acne Women = 3600
    Get Acne Produk = 880
  • Tips Acne Women = 1300

Silahkan riset pasar ke Google Keyword Tool di Google Adwords. Cari di Youtube cara menggunakannya atau download bab bagian download vidio yang ada di ebook.

Untuk riset pasar sendiri mudah rumusnya yaitu banyak pencarian dan sedikit persaingan. Anda bisa melihat hasil di atas. Untuk kata kunci “Acne No More” bisa mencapai 5400 per bulan dan ada beberapa kata kunci dengan jumlah yang di bawah kata kunci “Tips Acne Women”.

Sengaja saya tidak mencantumkan jumlah pesaing dalam kata kunci di atas. Yang penting adalah, Anda mengetahui jumlah pencarian kata kunci yang akan dijadikan nama situs Anda.

Kenapa tidak perlu memperhatikan jumlah persaingan? Jelas, tidak perlu karena bagi pemula yang tidak mau ribet, malas untuk melihat para pesaing. Sehingga saya tidak perlu menjelaskannya. Lagi pula, sekarang persaingan sudah penuh. Jadi, tidak perlu memperhatikan persaingan.

Terpenting dalam penjualan berikutnya bila ingin memperderas penghasilan, harus memperhatikan detail pesaing sampai mendapatkan produknya alias membeli.

Setelah kita mengetahui jumlah pencarian terhadap kata kunci maka kita harus melakukan penyesuaian. Karena Anda lebih menyukai acne untuk wanita maka kata kunci yang ada pilih adalah "Tips Acne Women".