Bisnis Rumahan Keripik Singkong Rasa Gadung

blog
Bisnis Rumahan Keripik Singkong Rasa Gadung
Bisnis rumahan memang sebuah solusi bagi yang ingin berupaya mencari uang lewat rumah. Sebuah keluarga bila memang saling kerjasama dan tanpa harus semua meninggalkan rumah untuk mencari pundi-pundi uang, tentu sebuah keluarga yang ideal. Seorang istri bisa saja bertugas dalam bisnis di rumah dan suami menjalankan pekerjaan di luar rumah. Atau bisa saja sebaliknya, suami bisnis di rumah dan istri kerja di luar dengan kesepakatan saling menerima.

Bagaimana bila memang ada sebuah peluang bisnis yang mudah dikerjakan di rumah dengan potensi kebutuhan pasar yang bagus? Tentu kesempatan bagus adalah memanfaatkannya. Nah, bisnis dalam rumah kali ini membahas mengenai bisnis keripik singkong. Bagaimana dengan peluang bisnis rumahan jenis ini? Jangan dipandang sebelah mata, hanya karena berbentuk singkong bukan keju. Karena sudah menjadi trend, bisnis keripik singkong mampu menguasai pasar tentang dunia keripik.

Keripik singkong dengan diberi aneka rasa, rasanya gurih plus harga terjangkau di kelas menengah-ke bawah, tentu adalah kunci kesuksesan dari bisnis keripik singkong. Bisnis di rumah bisa juga mengelola keripik singkong yang mampu bersaing dengan keripik singkong buatan pabrik. Modal yang diperlukan untuk bisnis rumahan keripik singkong pun tidak terlalu besar. Tentunya, pertama-tama adalah membeli alat perajang agar hasil keripik bisa terukur rapih dan sama.

Namun ada kendala dalam masalah rasa keripik singkong di luar rasa yang telah diatur yang penelola keripik singkong. Biasanya singkong memiliki rasa pahit, seperti halnya daun singkongnya. Konon, keripik singkong kalau dimakan dalam jumlah banyak akan terasa sedikit pahit walau tidak begitu terasa bagi yang menyukainya. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi pelaku bisnis di rumah karena akan mengurangi konsumen.

Namun demi meraih sukses bisnis di rumah, khususnya bisnis ibu rumah tangga untuk membantu ekonomi keluarga, maka ada solusi dalam pengelolaan kriping singkong agar kalau dimakan dalam jumlah banyak tidak terasa pahit, justru akan berasa seperti keripik gadung (semacam talas). Tentu, cara pengelolaannya tidak langsung digoreng seperti halnya gadung.

Sekilas tentang tanaman gadung. Gadung sendiri jenis tumbuhan yang tumbuh melilit dan memiliki duri. Umbinya kalau dimakan langsung, tanpa proses perendaman akan mengakibatkan mabuk, pusing, yang intinya keracunan gadung. Nah, gadung yang lebih berbahaya dari singkong saja kalau dikelola dengan benar akan menghasilkan rasa yang enak.

Cara mengelola keripik singkong untuk produk bisnis yang bermutu adalah dengan terlebih dahulu merendam keripik dalam air mendidih sampai beberapa jam, 1-2 jam. Hal ini untuk membuang getah yang ada dalam singkong. Lalu lakukan perendaman lanjutan ke dalam air yang sudah anda beri bumbu seperti garam dan lainnya untuk kepentingan dasar rasa. Setelah cukup, lakukan penguapan dengan cara dikukus. Setelah merasa cukup, baru melakukan penggorengan.

Ada beberapa langkah bisnis dari rumah dengan mengandalkan produk keripik singkong rasa gadung.

Pertama, memberikan aneka rasa yang terbukti memiliki banyak peminat. Biasanya rasa yang banyak peminatnya adalah pedas-gurih, atau gurih tanpa tambahan lain. Tentunya, dalam memberikan garam untuk rasa gurih jangan terlalu banyak. Bila memang ada inovasi rasa yang lain yang terbukti laku, seperti rasa keju, rasa cokelat, dll, tentu bisa mencobanya. Sehingga pelaku bisnis di rumah tidak kaku dalam hal rasa keripik singkong.

Kedua, kerjasama dengan beberapa pedagang terdekat yang memiliki potensi pengunjung yang banyak. Bila memang tidak ada penjual terdekat, maka bisa menjangkau pedagang jauh. Tentu, dengan tujuan bekerjasama dengan pedagang yang menjual aneka keripik atau makanan ringan lainnya. Dengan sistem kerjasama, pengelola bisnis rumahan tidak perlu susah-payah berjualan. Cukup fokus membuat produk-produk keripik singkong bermutu.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!