Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memulai Bisnis Jasa Menulis Artikel Modal Kecil

Bagi yang sudah memiliki kemampuan menulis, tentu memulai bisnis jasa menulis artikel adalah yang cocok dijalankan. Karena bisnis jasa menulis artikel ini tidak membutuhkan modal yang besar alias hanya modal kecil. Bahkan modal yang dikeluarkan hanya untuk mengurusi blog pribadi penulis. Mengenai cara memulai bisnis jasa menulis artikel ini maka Anda bisa memulainya dengan membuat artikel penawaran di blog yang sudah penulis buat.

Bisnis Jasa Menulis Artikel

Jasa menulis artikel ini mulai bermunculan ketika memasuki era online, di saat orang Indonesia mulai mengetahui manfaat era online untuk menghasilkan uang. Era online memang memberikan angin segar untuk membuka peluang bisnis baru di berbagai hal, salah satunya di bidang penulisan. Anda bisa memulai bisnis di bidang penulisan dengan mudah dan hampir tanpa modal.

Dahulu sebelum era online, para penulis hanya mengandalkan penerbit atau media cetak untuk memulai dalam mencari uang dari hasil karyanya. Sekarang, penulis era online bisa memulai memberdayakan tulisannya untuk mencari uang tanpa lewat media cetak. Salah satunya adalah lewat membuka bisnis jasa menulis artikel.

Memulai bisnis dengan mengandalkan jasa menulis artikel memang salah satu solusi yang bagus untuk para penulis, tanpa melibatkan media cetak. Walau demikian, bisnis di bidang jasa ini tidak membuat nama penulis terkenal dari karya-karya yang sudah ditulis untuk pelanggan. Karena memang menggunakan jual-putus tanpa hak cipta penulis. Apakah Anda mau memulai bisnis ini tanpa penyantuman hak cipta Anda?

Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulai bisnis jasa menulis artikel ini agar dalam memulainya tidak membutuhkan modal yang banyak bahkan tanpa modal? Berikut cara memulai dalam menjalankan bisnis ini dengan modal kecil:

Baca: Bisnis Online Modal Kecil Untuk Pelajar

1. Memulai Bisnis dengan Memiliki Kemampuan Menulis

Lebih baik Anda melakukan usaha pembuatan blog bisnis untuk jasa menulis yang akan Anda bangun. Karena orang akan melihat kualitas atas jasa dalam tulis-menulis hanya lewat berbagai artikel yang Anda tulis. Maksud blog bisnis adalah blog untuk kepentingan marketing jasa yang ada buat. Bila memang ingin memulai bisnis dalam jasa penulisan artikel maka solusi terbaik adalah membuat blog yang berisi banyak artikel berkualitas.

Bila memang Anda kurang mampu dalam menguasai dunia menulis dan berniat ingin menjalankan bisnis jasa artikel, tentu membuat blog adalah hal yang terbaik. Anda merutinkan belajar menulis setiap hari dengan berbagai tema. Minimal 1000 kata per hari alias 2 artikel per hari. Hal ini untuk melatih kecepatan dan daya pikir seseorang dalam menulis.

Seorang penulis jasa artikel harus mampu menulis, bila memang mau mengerjakan bisnisnya sendiri. kecuali menginginkan mempekerjakan penulis lain. Namun mengandalkan orang lain membutuhkan kepercayaan atas profit dari bisnis jasa Anda. Lebih baik mengerjakan sendiri saja.

Memiliki kemampuan menulis saja tidak cukup. Anda harus memiliki kemampuan SEO agar mampu membuat artikel yang cocok untuk bersaing di dunia maya, khususnya di Google.


2. Memulai Mempromosikan Bisnis Jasa Menulis Artikel

Sebelum memulai bisnis, Anda terlebih dahulu melihat statistik kunjungan terhadap blog bisnis yang sudah Anda buat. Bila memang kunjungannya sudah cukup lumayan, kira-kira 100 per minggu, maka Anda bisa membuat alias menulis penawaran mengenai jasa menulis artikel lalu dipublish di blog. Tentu dengan cara seperti ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Namun, tetap saja Anda harus membutuhkan modal walau kecil untuk kepentingan marketing blog yang Anda buat. Karena pengunjung yang datang bukan pengunjung yang membutuhkan jasa Anda dalam menulis artikel. Anda bisa memulai mengiklankan di Facebook lewat jasa Likes Facebook dengan biaya cukup 500.000. Lalu Anda harus membuat Fanspage terlebih dahulu. Anda meminta pada jasa Likes Facebook untuk mempromosikan jasa Anda.

Biasanya, market yang dibutuhkan sedikit dalam hal jasa artikel. Untuk itu, cara yang terbaik adalah memilih jasa Iklan yang berfokus pada penargetan iklan ke fanspage dan jumlah target like. Di samping akan mendapat like tertarget dalam jumlah tertentu, iklan Anda pun akan terus tayang selagi belum mencapai target like. Tentu secara otomatis blog Anda pun ikut terkenal.