Memulai Bisnis Jus Buah Segar dan Sehat

blog
Mau memulai bisnis jus buah? Siapa yang tidak mengenal buah-buahan? Semua mengenal. Siapa juga yang tidak menginginkan jus buah? Kebanyakan orang akan menyukainya karena rasanya yang manis, kadang campur asam dan tentunya bisa membuat badan segar dan sehat. Dengan begitu, bisnis jus buah bisa menjadi daftar pilihan bisnis Anda. Anda tinggal memulai mempelajari buah-buahan dan jus untuk memulai bisnis jus buah ini.


Dalam memulai bisnis jus buah, tentu harus memikirkan modal untuk bisnis. Tentu bisa mencari modal bisnis ke orang lain. Modal untuk memulainya memang tidak banyak. Hanya saja, konsumen yang membeli jus buah terbilang sedikit walau memang banyak yang minat pada jus buah. Faktor persaingan jenis minuman tentu yang mempengaruhi jumlah pembelian jus buah. Hal ini yang menjadi masalah besar untuk memulai bisnis jus buah.

Tentunya, sebelum memulai bisnis lebih baik mencoba membuat jus buah terlebih dulu dengan berbagai variasi jus sebagai referensi untuk memulai bisnis jus buah yang bisa bersaing dengan penjualan minuman lainnya. Anda bisa mencoba satu per satu membuat jus buah untuk mencoba keunikan rasanya. Bisa juga mencoba menggabungkan beberapa buah untuk dijadikan jus, misalnya membuat jus tomat campur pisang, jus pisang campur durian atau lainnya. Tidak lupa juga mencoba membuat jus yang berisi campuran susu, cokelat cair, vanila dan lainnya.

Untuk memulai bisnis jus buah, sering akan mengalami masalah dalam hal kesegaran buah. Ini yang membuat para pelaku bisnis jus buah melakukan hal yang tidak sehat dan berbahaya untuk tubuh seperti memberi pengawet kimia yang terlarang pada buah. Berlaku juga pada penjual buah. Tentu, cara demikian bukanlah cara yang baik dan sehat dalam menjalankan bisnis jus buah. Jus buah seharusnya menjadi minuman yang sehat bukan malah menambah penyakit.

Lalu bagaimana cara praktis dalam memulai bisnis jus buah segar dan sehat yang bisa menghasikan penjualan yang melimpah? Berikut ada beberapa cara yang tepat untuk memulai menjalankan usaha bisnis buah segar.

Ketahui Aneka Resep Jus Untuk Kesuksesan Bisnis Jus Buah Anda

Alangkah baiknya memang memperhatikan resep jus buah yang sudah umum. Bila penjualan lewat kios, tentu bisa memvariasikan dengan resep lainnya. Sebelum menawarkan resep jus yang lain, alangkah baiknya dicoba terlebih dahulu pada lingkup keluarga, apakah menikmati atau tidak. Biasanya sampel keluarga bisa mewakili lidah masyarakat sekitar.

Berikut adalah beberapa resep jus buah yang dilansir dari Jussehat.com yang bisa anda coba atau mensiasati dengan variasi ang lain.

a. Jus Alga Susu (Alpukat Mangga Dan Susu)

Bahan-bahan :
⇾ 50 g alpukat
⇾ 50 g mangga
⇾ ½ gelas susu cair
⇾ ½ gelas air
⇾ 2 sdm sirup gula
⇾ Es serut secukupnya

Cara membuat jus :
⇾ Blender alpukat bersama susu cair dan 1 sdm sirup gula. Tuang ke dalam gelas jus.
⇾ Blender mangga bersama air putih dan 1 sdm sirup gula. Tuang di atas jus alpukat.
⇾ Sajikan dengan es serut
⇾ Potongan mangga agar lebih menarik.

b. Jus Asem (Apel Dan Semangka)

Bahan-bahan :
⇾ 100 g apel
⇾ 100 g semangka
⇾ 1 sdm air jeruk nipis
⇾ 50 g potongan atau serutan es batu



Cara membuat jus asem:
⇾ Lakukan pemotongan
⇾ Blender apel dengan campuran air jeruk nipis atau lemon.
⇾ Blender juga semangka, lalu tuang di atas jus apel
⇾ Sajikan dengan es serut.

c. Jus Petel Segar (Pepaya Wortel)

Bahan-bahan :
⇾ 100 g pepaya
⇾ 50 g wortel
⇾ 1 sdm air jeruk nipis
⇾ 1 sdm sirup gula
⇾ 1 gelas air


Cara membuat jus untuk dijual:
⇾ Masukkan pepaya, wortel, sirup gula dan air putih ke dalam blender.
⇾ Siapkan gelas saji, tuang jus segar ke dalamnya.
⇾ Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata.
⇾ Sajikan dengan potongan atau serutan es batu

C. Jus Salak

Bahan-bahan :
⇾ 150 salak
⇾ 1 sdm madu
⇾ ½ gelas air
⇾ Sedikit garam
⇾ Es batu





Cara membuat jus salak :
⇾ Rebus salak selama 10 menit. Masukkan ketika sudah mendidih
⇾ Setelah dingin, masukkan ke dalam blender.
⇾ Tambahkan madu atau sirup gula dan sedikit garam lau blender.
⇾ Hidangkan jus dengan potongan es batu agar lebih segar.

e. Fresh Guava Juice

Bahan-bahan :
⇾ 150 g jambu biji merah
⇾ 100 ml air es dingin
⇾ Potongan es batu secukupnya








Cara membuat jus segar :
⇾ Potongan jambu blender bersama air es.
⇾ Haluskan, saring bijinya.
⇾ Campur jus jambu dengan potongan es batu.

Gambar sajian jus buah di atas hanya sampel untuk sekelas kafe, rumah makan atau sejenisnya. Tetapi untuk sajian kelas kios atau grobak dorong, alangkah baiknya menggunakan gelas minuman seperti ini.



Lokasi Bisnis Jus Buah Segar Dan Sehat Menjadi Perhatian Penting

Bagaimana kondisi lokasi yang akan menjadi market bisnis Anda? Ini menjadi hal penting. Bila Anda membuka bisnis jus buah di lokasi penggunungan walau sering dilalui banyak orang, tentu lokasi ini tidak cocok untuk membuka bisnis jus buah.

Lokasi yang ramai yang kemungkinan besar banyak orang yang membutuhkan minuman yang segar-segar adalah lokasi yang tepat. Lebih baik menjual jus buah di mal karena ini tempat yang strategis.

Namun bila yang anda angkat adalah “segar dan sehat”, akan sulit memilih tempat mengingat jangkauan lokasinya terbatas. Hanya di lokasi khusus yang bisa anda pilih yang bisa mendukung bisnis jus buah bertema segar dan sehat.

Berarti lokasi sembarangan berpotensi membuat bisnis jus terbilang mengancam kesehatan?

Bila ingin memulai bisnis jus buah segar, perhatikan lokasi dengan baik. Pertanyaan yang mudah adalah, bagaimana bila memilih lokasi sepi pembeli? Otomatis penjualan tidak ingin bangkrut sehingga berupaya mengawetkan buah dengan bahan tertentu seperti formalin. Walaupun penjualan sepi pembeli, tetapi bisa mampu bertahan 1 minggu sehingga buah pun habis.

Tetapi siapa sih yang tidak ingin mendapat banyak pembeli? Lagi-lagi memilih lokasi yang spesial, mendukung bisnis buah adalah langkah sulit dilakukan dan terbatas. Tidak semua lokasi mendukung bisnis jus buah.

Berikut beberapa lokasi yang bisa anda pilih:

⇛ Pusat keramaian seperti taman kota, alun-alun dsb.
⇛ Sekitar perkantoran dan kampus.
⇛ Kantin sekolah maupun kantin perkantoran.
⇛ Pusat jajanan di kota tempat anda tinggal.
⇛ Pusat belanja seperti mal

Namun hal ini belum cukup mengingat persaingan minuman memang ketat sehingga butuh celah agar jus buah mendapat tempat.

Penggabungan Penjualan Bisnis Jus Buah

Daripada hanya membuka bisnis jus buah, tentunya dengan berbagai masalah tentang kondisi buah, lebih baik menggabungkan penjualan jus buah dengan penjualan lain. Biasanya penjualan jus buah akan berada di dalam penjualan bisnis kuliner seperti warung tegal, restoran atau pada rumah makan pada umumnya. Hal ini akan meningkatkan penjualan jus buah. Rata-rata orang yang makan sesuatu akan bersanding dengan minuman.

Kalau terlalu sulit dalam memulai bisnis jus buah bila disertai membuka warung makan, maka Anda bisa menjual jus buah dengan didampingi penjualan minuman lainnya. Hal ini untuk memangkas biaya dalam membeli buah. Dan lebih baik membagi pengeluaran untuk belanja berbagai bahan untuk minuman. Kalau jus buah tidak laku, maka tidak mengalami kerugian.

Anda pun bisa memadukan penjualan jus buah dengan didampingi es buah campur, penjualan buah potong, rujak buah, sop buah, dan yang lainnya. Tentu, ini pas dengan penjualan yang bertemakan buah. Kalau sekedar jus buah, peminat akan jus terbilang sedikit karena rata-rata tidak begitu menyukai jus dari buah. Namun bila disertai penjualan olahan buah yang lain, peminat bukan saja dari penjualan jus tetapi dari yang lainnya.

Bahkan jauh lebih laku bila berjualan sop buah daripada jus buah. Kalau ternyata sop buah menjadi unggul, apakah ini bukan dinamakan bisnis jus buah? Entahlah, namun anda bisa mengalah dengan keadaan dan mengangkat bisnis sop buah daripada jus buah walaupun di dalamnya memang menjual jus buah. Lagi pula, selagi bahan pembuatan masih sama, entah tema jus atau sop yang diangkat, masih bisa dalam satu tempat bisnis. Misal tetap mengangkat tema jus buah, silahkan saja. Tetap yang dijual berbagai variasi hidangan buah.

Perlakukan Agar Buah Tetap Segar Dan Sehat

Bila penjualan jus buah terbilang cukup bervariasi dan cocok bila sampai mengandalkan kios, lebih baik ada tempat untuk pendinginan buah. Tentu membutuhkan lemari pendingin tanpa freezer agar tetap segar walau di saat cuaca panas. Dengan menggunakan lemari, kondisi buah pun dalam keadaan segar.

Bukan segedar untuk menyegarkan buah tetapi juga untuk mengangkat tema sehat. Kalau buah tetap dalam lemari pendingin, dalam waktu 2 minggu masih bisa utuh dan segar tanpa pengawet. Maka penting sekali memiliki lemari pendingin. Bila seperti itu, jangan tanggung dalam bisnis buah karena akan mengeluarkan biaya besar. Artinya butuh perencanaan. Terserah saja kalau tidak mengangkat tema sehat, penjualan pakai gerobak pun tidak masalah asal cepat laku.

Tetapi pecuma saja lemari pendingin bila anda teledor dalam membeli buah. Pastikan buah yang dibeli dalam kondisi segar dan sehat.

Resiko Penggunaan Lemari Pendingin

Lemari pendingin mahal, biaya beban listrik pun berat. Otomatis harga jus bisa mahal. Bila mahal, tentu akan menyulitkan penjualan. Bukankah ingin penjualan laku? Bila dalam sehari buah untuk jus bisa habis, tentu tidak lagi membutuhkan lemari pendingin.

Untuk itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan lemari pendingin. Lebih baik meningkatkan penjualan saja. Itu jauh lebih baik. Maka dari itu, jangan hanya menjual jus melainkan aneka olahan buah seperti rujak, sop, dan lainnya seputar buah.

Namun jus buah untuk kelas tertentu, dalam hal ini kelas elit, penggunaan lemari pendingin memang sudah seharusnya dilakukan. Kualitas buah memang diunggulkan. Lagi pula, buah yang dipakai untuk jus pun berharga lebih tinggi dari jus buah kelas biasa.

Siapkan Es Batu Steril Untuk Bisnis Jus Buah

Agar jus buah sehat, lebih baik dan harus membuat es batu sendiri dengan jumlah yang banyak. Tentu akan membutuhkan lemari pendingin khusus untuk pembuatan es batu. Mengapa harus buat es batu sendiri? Pertama, bisa menjaga ke-streril-an sehingga tetap mengangkat tema sehat. Kedua, harga jauh lebih murah mengingat diproduksi sendiri.

Memang pada awalnya mengeluarkan modal besar hanya untuk membeli 1 lemari pendingin pembuat es batu. Tetapi karena konsep bisnis jus buah bukan sekedar kelas gerobak, melainkan lebih mengangkat tema “segar dan sehat”, maka bukan menjadi masalah mengeluarkan modal untuk hal tersebut.

Lagi pula, sulit juga mencari produsen yang memproduksi es batu yang steril. Kalau untuk bisnsi jus buah yang tidak mementingkan kesehatan, asal enak dan segar, bisa dengan mudah mendapatkan es batu. Belum lagi, di kota besar yang air bersih saja harus beli, bisa mahal bila membeli es batu steril.

Apa sih yang dimaksud es batu steril? Es batu yang menggunakan air bersih dan sudah mengalami perebusan. Kalau tidak mengalami perebusan, percuma saja membuat es batu sendiri untuk kepentingan bisnis jus buah. Jadi, harus mengalamai perebusan. Mahal gas? Tidak juga. Bisa menaikan lagi harga jus. Untuk itu penting menampilkan keterangan, “es batu steril dengan air perebusan” pada bisnsi jus anda.

Bila memiliki lemari pembuat es batu sendiri, otomatis penjualan berlaku sistem statis alias tidak berkeliling. Tetapi bisa menggunakan kios kecil.

Siapkan Alat Produksi Jus Buah Yang Tepat

Ada dua jenis alat produksi yakni mesin blender dan mesin juicer/juice extractor. Mesin blender akan menghasilkan jus beserta seratnya. Sedangkan mesin juicer/juice extractor akan menghasilkan sari jus. Anda bisa menggunakan kedua alat jus tersebut namun perlu paham dalam pemakaiannya. Tidak semua buah bisa menggunakan juicer/juice extractor walaupun bisa dengan blender yang akan menghasilkan serat.

Sebagai contoh jeruk, tidak bisa menggunakan juicer/juice extractor mengingat kondisi buahnya sendiri terdiri dari 98% air. Hanya bisa menggunakan blender untuk mencampurkan es batu dengan jeruk. Hasilnya akan menghasilkan jus yang enak dinikmati. Itu pun harus menggunakan alat lain sebelum di-blender sehingga ketika di-blender dalam kondisi tanpa biji dan kulit.

Buah alpukat, durian dan sejenisnya juga tidak cocok dengan mesin juicer/juice extractor mengingat jumlah cairannya sedikit dan sulit untuk penyaringan. Hanya bisa menggunakan blender.

Bisa saja seperti apel, nanas, mangga, tomat dan sejenisnya menggunakan juicer/juice extractor. Namun itu pun bisa sebagai pilihan. Anda tidak bisa seenaknya menggunakan mesin ini. Pada umumnya jus buah menggunakan blender. Jadi, bila memang serius untuk menarget konsumen yang lebih menyukai jus sari buah, bisa menambah menggunakan juicer/juice extractor. Jadi, anda bisa melayani jus sesuai permintaan walaupun pada dasarnya menggunaan jus dengan blender. Hal ini alasannya karena buah yang sudah di jus, jauh lebih mudah disaring ampasnya dengan alat lain. Namun bila lebih praktis menggunakan juicer/juice extractor, ya terserah saja.


Ya sudah, demikian saja penjelasan singkatnya.

jasa backlink

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!