Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Jasa Penulis Artikel Tanpa Bangkrut

Dalam pembahasan peluang usaha kali ini, anda harus sepakat terlebih dahulu mengenai jasa penulis artikel. Apa yang harus disepakati? Anda harus sepakat bahwa yang namanya jasa bukan dinamakan usaha jasa. Jasa tetap dianggap sebagai pekerjaan mandiri. Namun kalau sudah masuk dalam usaha jasa, anda membangun sebuah kegiatan operasional yang di dalamnya memiliki pekerja atau karyawan yang bertugas menulis artikel, bisa jadi termasuk anda sendiri yang bekerja.

usaha artikel>

Kalau tidak ada pembatasan mengenai pengertian jasa dan bisnis, maka semuanya bisa dikatakan pengusaha karena telah bekerja mengurusi penjualan atau jasa untuk orang lain walaupun dinaungi perusahaan.

Bagaimana? Apakah anda sepakat mengenai pengertian jasa dan bisnis? Bila sepakat, mari membahas bagaimana memanfaatkan peluang usaha jasa penulis artikel yang akan membuat usaha anda tidak mengalami kebangkrutan akibat sepi pemesanan artikel. Bila anda mau membuka peluang usaha ini, cocok sekali membaca tulisan yang sedang anda baca ini.

Seperti yang anda ketahui, usaha jasa erat kaitannya dengan para pekerja yang siap melayani konsumen dengan tenaga dan pikiran mereka. Termasuk dalam hal usaha jasa penulis artikel, tentu membutuhkan tim penulis yang akan bekerja melayani pemesanan. Anda hanya memfasilitasi mereka agar bisa bekerja dengan baik seperti menyediakan komputer, listrik, tempat bekerja yang nyaman, fasilitas konsumsi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana nasib para pekerja anda bila tidak banyak pemesanan artikel tiap bulannya? Ini yang menjadi masalah membuka usaha jasa. Di samping anda membutuhkan penulis barangkali terjadi lonjakan pemesanan, namun anda pun khawatir menelantarkannya karena sepi pemesanan. Ini yang bisa membuat usaha jasa anda berpotensi bangkrut. Bangkrut karena tidak bisa memberi bayaran untuk para penulis. Padahal bila tanpa pekerja, jasa anda tetap berjalan asal anda sebagai penulis.

Berikut saya akan memberikan beberapa tips memanfaatkan peluang usaha jasa artikel yang tidak berpotensi bangkrut hanya karena sepi pemesanan.

Siapkan Skill Menulis Untuk Anda

Kenapa usaha jasa penulisan artikel tidak mengalami kebangkrutan bila sepi pemesan? Karena anda bisa melanjutkan kegiatan bekerja walaupun para pegawai terpaksa diberhentikan bekerja di perusahaan anda. Anda bisa melanjutkan kegiatan penulisan melayani pemesan karena memiliki skill dalam menulis artikel blog.

Untuk itu, mengharuskan anda memiliki skill menulis untuk menjalankan peluang usaha jasa penulisan. Namun anda harus memperhatikan umur: berapakah usia anda? Bila sudah berusia lebih dari 25 tahun, maka cara ini tidak cocok untuk anda. Karena setidaknya untuk melatih skill menulis blog membutuhkan umur lebih mudah dan membutuhkan waktu yang lama yaitu paling cepat 1 tahun.

Anda bisa mengabaikan cara seperti ini bila anda tidak mau menjadi penulis.

Bergabunglah Dengan Komunitas Penulis

Sekarang ini sudah banyak komunitas penulis yang bisa anda manfaatkan sebagai tim penulis artikel untuk usaha jasa anda. Anda bisa menjalin kedekatan dengan mereka. Namun tidak untuk menjadikan mereka sebagai karyawan. Kenapa tidak untuk menjadikan mereka karyawan? Ya, seperti yang saya bilang di atas, memiliki karyawan berpotensi bangkrut usaha jasanya bila sepi pemesan.

Temukan beberapa penulis yang sudah terbiasa menulis artikel blog, bukan yang lain. Kenapa? Karena penulis blog dengan buku berbeda. Kalau penulis blog lebih kepada kebutuhan artikel marketing yang harus memikirkan kata kunci pencarian dalam penulisan. Kalau penulis buku, mereka menulis sesuka hati tanpa peduli kata kunci pencarian dalam penulisannya, tanpa peduli untuk kebutuhan artikel marketingnya.

Bangun Blog Marketing Bisnis Berbagai Tema Produk Penjualan Online

Rata-rata pemesan artikel adalah pengusaha yang bergelut dalam penjualan online atau usaha yang membutuhkan marketing online. Kalau usaha secara offline tentu tidak membutuhkan artikel. Sehingga dalam membuat blog marketing untuk kesuksesan menjalankan usaha jasa, anda harus membuat artikel yang berkaitan dengan tema produk yang bisa dijual atau diiklankan secara online.

Tetapi kan mereka sudah memiliki usaha? Kenapa masih membahas seputar tema usaha atau marketing online? Begini. Target blog anda adalah para calon pengusaha yang ingin memilih tema tertentu sebagai target produk/jasanya. Tentunya sebagai penambah referensi, mereka akan mencari artikel yang diinginkan. Bila menemukan artikel dari blog anda, jelas mereka akan melihat-lihat dan akhirnya membaca penawaran jasa artikel murah. Dari sini apakah anda sudah paham? Yang jelas, mereka akan punya pemikiran, “Ah, luamayan, ada jasa artikel marketing murah untuk membantu memarketingkan usaha saya”. Paham kan?

Dengan membuat blog marketing bisnis, tentunya bisa menghasilkan pemesan artikel dalam jumlah yang banyak tiap bulannya. Kalau sudah rutin menghasilkan pemesan dalam jumlah banyak, tentunya tim penulis anda diuntungkan karena akan menghasilkan penghasilan yang banyak tiap bulannya.

Variasikan Penawaran Usaha Jasa Artikel Anda

Banyak sekali peluang usaha yang bisa anda manfaatkan untuk melengkapi dalam jasa penulisan artikel. Artinya adalah, anda jangan hanya mengandalkan jasa penulisan artikel saja tanpa ada variasi lain yang melengkapinya. Bila hanya itu, anda tidak bisa menarget pelanggan lain yang membutuhkan tulisan selain artikel, sarana pembuatan blog+artikel dan yang lainnya. Banyak pengusaha yang menerapkan sistem penggabungan membuat usahanya menuai kesuksesan besar.

Berikut penjelasannya variasi usaha jasanya:
  • Jasa artikel plus konsultasi SEO
  • Jasa artikel plus pembuatan proyek blog
  • Jasa menulis sales letter produk
  • Jasa menulis ebook marketing
  • Dan masih banyak lagi yang perlu anda pikirkan terus.

***

Apakah pembahasan di atas sudah jelas? Apakah anda berminat memanfaatkan peluang usaha jasa penulis artikel seperti yang saya lakukan namun belum paham langkah-langkah praktis dan strategisnya? Bila belum paham dan ingin berusaha mendalami, secara khusus mendalami penulisan dan SEO marketing artikel, anda bisa mengikuti kursus online pembuatan blog bisnis disini.