Konter Buntet Pesantren Dan Aktifitas Usaha Kecil

gambar
Kecil tetapi banyak, itulah cara usaha yang mungkin sedang dialami saya sendiri. Sekarang, bisa dikatakan memiliki kantor usaha di kawasan Buntet Pesantren. Sebenarnya bukan kantor melainkan konter pulsa dan hp yang dibangun adik saya namun dimanfaatkan oleh saya sendiri. Makna lainnya, saya yang sebagai penjaga konter. Lah, kalau sudah seperti ini, sama juga dong dengan penjaga konter pulsa pada umumnya? Bentul, bisa dikatakan sama. Namun ada perbedaan dengan penjaga konter pulsa pada umumnya yang nanti akan saya jelaskan.


Di mana sih letak kawasan Buntet Pesantren? Letaknya sebenarnya berada di desa Mertapada Kulon, dekat dengan Desa Muncul yang dinaungi kecamatan Astanajapura, Cirebon. Dinamakan Buntet Pesantren karena di situ adalah blok atau komplek perkumpulan pondok pesantren yang dinaungi yayasan Buntet Pesantren. Pondok pesantrennya cenderung menyebar di tiap-tiap rumah kiai.

Artikel terkait:
3 Tips Membangun Mental Usaha Terbaik

Apa saja aktifitas usaha yang sedang saya lakukan di konter yang berada di kawasan Buntet Pesantren? Yuk kenalan dengan aktifitas di dalam kantor eh konter Andi Cellular Buntet Pesantren.

Jualan Pulsa Di Konter Buntet Pesantren

Pada awalnya, modal pulsa masih ditanggung adik saya, Andi. Sekarang, modal pulsa sudah ditanggung saya sendiri. Jadi, dalam hal ini saya mengurusi usaha pulsa sendiri. Namun untuk modal selain pulsa, masih ditangani adik saya sendiri.

Aktifitas inti di kantor konter Buntet Pesantren, ya jualan pulsa dan teman-temannya. Tidak ada yang lain bukan? Artinya, saya menjual pulsa, kartu perdana, vocer, aksesoris hp. Terkadang ada yang meminta service hp yang akan ditangani teman adik saya. Tentu dong, yang kaitannya dengan kredit hp mengingat konter Andi Cellular Buntet Pesantren digunakan untuk melayani masalah kredit hp

Dihiting-hitung, untungnya berapa bila mengeluarkan modal 1 juta? Kecil lah. Jadi, dalam penjualan pulsa, bukan melihat banyak modal membangun usaha pulsa. Tetapi seberapa banyak potensi penjualannya. Kalau mau tidak bolak-balik ke konter belanja saldo pulsa, bisa sekalian belanja lebih dari 1 juta. Tetapi walaupun untungnya kecil, lumayanlah bila dikalikan dengan penghasilan yang lainnya. Toh, kerjanya cuma duduk-duduk doang.



Rutin Menulis Di Konter Buntet Pesantren

Salah satu kegiatan menjalankan usaha online adalah rutin menulis. Menulis menjadi salah satu cara melebarkan sayap market. Setiap artikel memiliki variasi kata kunci dan setiap kata kunci memiliki market sendiri. Ketika rutin menulis dengan variasi kata kunci namun dengan tetap mengacu pada penawaran bisnis, maka akan mendatangkan market online yang banyak dari variasi kata kunci. Market yang banyak itu, akan diarahkan pada penawaran produk atau jasa. Nah, paham kan?

Maka dari itu saya berusaha setiap hari menulis dengan menarget kata kunci yang berbeda. Tujuannya sudah jelas bukan? Untuk menarget banyak pasar namun dalam satu tujuan. Contoh saya menarget kata kunci “Buntet Pesantren”. Lah, apa hubungannya dengan kata kunci itu dengan usaha online? Ternyata, tujuannya adalah untuk menjaring market yang kebutuhannya untuk kursus blogging bisnis secara offline dan privat. Kursus offline kelemahannya adalah tidak bisa menarget kata kunci yang melepas diri dari kata dareah, wilayah seperti halnya Buntet Pesantren atau Cirebon. Apakah benar-benar menghasilkan market yang tepat dengan kata kunci Buntet Pesantren? Ya, tidak tahu lah. Minimal secara prinsip penargetan dianggap tepat.

Kembali pada aktifitas saya dalam konter pulsa. Saya menulis setiap hari di dalam konter sambil menunggu pembeli. Di samping menulis artikel usaha, saya juga menulis seputar sastra. Enak bukan? Apakah ada penjaga konter yang seperti saya? Ada lah. Cuma saya belum mengetahui detailnya. Dengan begini, waktu menunggu tidak menjadi sia-sia saja.

Terkadang juga, di kantor Buntet Pesantren, saya menulis sesuai permintaan klien. Namun sekarang, belum ada pemesan artikel jadi saya bisa bebas waktu menulis kebutuhan blog saya sendiri.

Mendesain Gambar Minisite dan Blog Di Konter Di Konter Buntet Pesantren

Apakah desain gambar minisite dan blog ada kepentinganya untuk kegiatan usaha online? Tentu ada. Desain minisite sendiri adalah usaha jasa minisite Clickbank yang baru saja dibuka. Kalau gambar blog, dalam hal ini mendesain untuk kepentingan blog, pun dianggap sama untuk kepentingan usaha namun sekedar pelengkap.

Baru ada 1 pemesan dalam pengerjaan gambar minisite blog. Lumayanlah, berarti ada market yang membutuhkan. Seandainya situs penawarannya sudah memiliki banyak kunjungan, tentu akan banyak juga yang memesan minisite.

Kalau gambar blog, saya pasang di dalam blog “Belajar Menulis Spesial Arafah Rianti” yang mana untuk kebutuhan marketing IG arafah rianti, ehem. Sebagai pecinta arafah, saya rela memberikan yang spesial untuknya. Namun sepertinya, tidak 100% rela, mengingat ada kepentingan usaha juga yakni mempromosikan kursus blogging bisnis yang titik tekannya dalam hal penulisan. Maaf ya, arafah, saya manfaatkan kepopuleran kamu, haha... Kejam!

Minisite Blogspot

Membimbing Kursus Blogging Bisnis Secara Online dan Juga Offline Privat Di Konter Buntet Pesantren

Belum ada kelas khusus untuk kebutuhan kursus blogging bisnis yang saya targetkan di konter Buntet Pesantren. Tentunya, hanya sekedar model privat dalam kursus offline. Ini sebagai gambaran bagaimana nanti membuka lembaga kursus yang spesial untuk blogging bisnis. Berawal dari menjalani kursus model privat, mampu menjalankannya dan pesertanya juga berasil, maka bisa dengan mudah membangun gedung sendiri untuk kebutuhan kusus masal.

Sekarang belum ada yang minat karena memang belum memasarkan program kursus blogging bisnis offline. Suatu saat, bisa jadi akan ada beberapa orang yang menginginkan kursus offline blogging bisnis.

Kalau kursus secara online, memang sudah ada beberapa peserta kursus. Walapun belum banyak sekali, tetapi sebagai tanda bahwa saya berhasil membangun usaha kursus secara online. Memang banyak kendala bila menjalankan kursus lewat online yakni tidak mengalami bimbingan rill. Padahal, untuk kelas gaptek, pembelajaran tatap muka mutlak diperlukan bila ingin menempuh jalan mudah dan cepat.

Lokasi: Kediaman Kang Mamad, Samping rumah KH Adib Rofiuddin Buntet Pesantren, Blok Kedung Subur 02/05, Munjul, Astanajapura, Cirebon. CP: 089694057918 atau  kunjungi disini

Ngobrol Dengan Pegawai Oppo Di Konter Buntet Pesantren

Kebetulan konter Andicellular bekerjasama dengan pihak oppo dalam penjualan hp sehingga menghadirkan 1 pegawainya untuk membantu penjualan bersama Andi Cellular. Namun karena lokasi berada di tempat yang sepi, masih area kebun-kebun bila agak ke barat, jadi tidak banyak terjadi penjualan sistem tunai tiap harinya. Hanya sistem kredit saja sehingga penjualan pun bergantung sikon pemodal mengingat memakai modal sendiri bukan dari bank.

Daripada sepi sekedar menunggu penjualan hp, kita sering ngobrol ala kadarnya. Kebanyakan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Saya menghadap layar laptop, sedangkan pegawai oppo menghadap handphone. Sesekali keluar obrolan seputar marketing, penjualan, iklan Facebook dan sebagainya.

Namun sekarang pegawai oppo sudah mulai keluar untuk mencari pembeli dengan menyebarkan brosur ke orang-orang tertarget. Walau tetap, berangkat kerja mampirnya ke konter saya.

gambar

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!

0 Response to "Konter Buntet Pesantren Dan Aktifitas Usaha Kecil"

Post a Comment

Mohon komentar biasa saja, jangan iklan dan memberi link/url di badan komen. Komentar spam akan dihapus