Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Kecil Kredit Hp Oppo Menguntungkan?

Saat ini, konter kecil hp Andi Cellular di kawasan Buntet Pesantren membuka kredit hp oppo. Bukan tanpa alasan membuka usaha dengan produk ini mengingat konter Andi Cellular bekerjasama dengan pihak oppo yang ada di Cirebon. Karena bekerjasama dan sudah ada greget menghasilkan, akhirnya mendapat sebuah estalase penjualan hp. Karena tidak ada stok hp, akhirnya estalasi hanya digunakan untuk menampung perlengkapan hp seperti baterai, anti gores, kabel pengisi baterai dan sebagainya.


Bagian yang mengurusi kredit hp oppo sendiri adalah adik saya, Andi, mengingat sebagai pemilik konter juga. Namun, saya pun berencana untuk membuka kredit hp juga yang masih dinaungi dalam konter Andi Cellular. Memang untuk sekarang, saya masih kesulitan dalam permodalan mengingat kredit hp membutuhkan modal yang terus berkembang seiring banyaknya para pengkredit hp oppo.

Ya, membuka usaha kredit misal hp oppo mengandung aturan pengembangan modal. Misal modal awal cuma 10 juga dengan harga hp misal 2 juta. Di bulan pertama mendapat 5 pembeli kredit hp oppo. Otomatis, modal awal habis. Stor angsuran misal berlaku 500.000. Dalam 1 bulan mendapat pengembalian sekitar 2500.000. Ketika ada pemesan berikutnya sekitar 5 orang juga, otomatis mau tidak mau harus ada penambahan modal untuk pembelian hp oppo ke pihak suplier.

Solusi terbaik tidak pusing mendapatkan banyak pembeli kreditan hp oppo adalah memakai uang pinjaman dari bank. Namun bisa dikatakan ribet dalam mengurusi persyaratan. Ada yang bilang melalui pegawai oppo yang berada di konter saya, katanya “Pakai modal pinjaman bank ribetnya seperti pengen pindah rumah.” Entah bagaimana hubungan keribetan antara memenuhi persyaratan pinjaman di bank dengan kerebetan pindah rumah, yang jelas, intinya dianggap ribet, benar-benar ribet.

Lebih baik memakai modal sendiri dalam penjualan kredit hp oppo namun resiko yang harus diambil bila terus-menerus mendapatkan penjualan maka harus terus-menerus juga menambah modal. Minimal modal yang dikeluarkan di awal sekitar 50 juta untuk pembelian hp dan mengurus tempat penjualan. Modal sendiri pun punya kekhawatiran dalam pembayaran angsuran, yang mana tidak ada lembaga keamanan sekelas bank yang mengurusnya. Memilah pembeli memang perlu dilakukan bila berkaitan dengan kredit hp oppo dan hp yang lainnya.

Sampai di sini memiliki sebuah pertanyaan, apakah usaha kredit hp oppo dan hp lainnya skala kecil bisa menguntungkan? Namun jawaban yang paling tepat adalah, jenis usaha yang banyak beredar memiliki cara khasnya masing-masing dalam meraih keuntungan. Di samping itu, jenis usaha yang dijalankan ada kalanya untung dan ada kalanya bangkrut. Namun berdasarkan kasus penjualan kredit hp oppo milik adik saya, masih dianggap menguntungkan mengingat masih berjalan sampai sekarang. Permodalan sendiri namun masih lancar-lancar saja. Namun resikonya masih kerja keliling, menangani pembayaran kredit hp oppo: ada yang malas berkunjung ke konter atau ketemuan untuk pembayaran angsuran.

Mari membahas langkah usaha kredit hp oppo skala kecil menguntungkan. Barangkali anda mau membuka kredit hp oppo. Namun pembahasan ini adalah contoh kasus membuka usaha kredit hp, apapun mereknya. Agar lebih mudah, cenderung lebih memfokuskan pada hp oppo.

Langkah Awal Membuka Usaha Kredit Hp Oppo

Enaknya membuka usaha hp kredit khususnya oppo adalah mudah untuk memulainya. Mudah untuk memulainya karena mudah juga mendapatkan penjualan. Hal ini karena sistem yang ditawarkan adalah kredit. Kalau sekedar menawarkan penjualan hp kredit oppo, ya tinggal tawarkan saja ke orang terdekat anda. Pertanyaannya, apakah mereka tidak mau ditawari kredit?

Coba bandingkan bila anda membuka usaha hp oppo dengan harga tunai. Bagaimana penjualannya? Sulit sekali bukan? Belum lagi, harga tunai berurusan dengan belanja hp dengan harga pabrik.

Kalau penjualan hp dengan sistem kredit, beli saja hp dengan harga yang berlaku untuk konsumen. Toh, kalau mengambil sistem kredit, keuntungan yang didapat hasil menjual harga kredit. Katakanlah harga oppo A37 sekitar 1999.000 (harga promo). Karena mengambil sistem kredit, anda mematok harga 2300.000 untuk cicilan selama 6 bulan (6 kali). Walaupun membeli hp dengan harga konsumen, anda masih mendapatkan keuntungan sekitar 300.000. Disitulah kemudahan dalam membuka usaha kredit hp khususnya oppo.

Mari menyusun tahap awal dalam membuka usaha kredit hp oppo berdasarkan yang ada di Andi Cellular.

1. Menentukan Persyaratan Kredit Hp Oppo

Tidak seperti penjualan hp oppo sistem kontan (tunai), penjualan sistem kredit harus membuat beberapa persyaratan mengingat pembayarannya menggunakan sistem cicilan. Bayangkan, selama minimal 6 bulan menunggu uang kembali agar tidak rugi. Bagaimana bila tidak lunas? Berbahaya bukan?

Syarat dan ketentuan kredit hp oppo yang diberlakukan di Andi Cell sendiri adalah sebagai berikut:

⇒ Foto copy KTP
⇒ Mengisi pernyataan bermaterai
⇒ Foto copy sturk gaji/tagihan listrik/
⇒ Berumur di atas 18 tahun
⇒ Bertempat tinggal di lingkungan astaajapura
⇒ Bersedia membayar setiap bulan sesuai perjanjian di surat pernyataan

Memang tidak terlalu ketat mengingat permodalan dan jangkauan pun bersifat terbatas sehingga bisa untuk menolak pemesanan bila tidak sesuai kriteria misal tidak ada slip gaji. Kasus ini pun sering terjadi pada santri Buntet Pesantren yang ditolak permintaannya. Lagi pula, yang berminat kredit hp oppo adalah orang-orang yang memang sudah dikenal secara pribadi. Rata-rata pembayaran lancar walaupun tidak memiliki persyaratan yang berat. Kalau sekedar telat beberapa hari, masih bisa dimaklumi.

Mungkin saja bila permodalan sudah diserahkan ke pihak perbankkan, ada yang namanya survey lokasi mengingat jauh lebih mudah dalam menarget konsumen yang tidak dikenal sekalipun.

2. Menyusun Surat Pernyataan Kredit Hp Oppo

Membuat surat pernyataan dengan benar mutlak diperlukan mengingat sebagai bukti telah melakukan pembelian secara hutang. Bila suatu saat terjadi pengingkaran, maka bukti surat pernyataan bisa menjadi andalan untuk diperkarakan di depan hukum. Setiap orang dalam membuat surat pernyataan mungkin berbeda-beda dalam rinciannya. Namun pada intinya adalah agar pembayaran angsuran berjalan lanjar sesuai perjanjian.

Berikut contoh surat pernyataan yang ada di Andi Celluler:


3. Buku Kwitansi Kredit Hp Oppo

Buku kwitansi menjadi buku yang harus dimiliki. Tanpa kwitansi maka bukti pembayaran dianggap kurang valid walaupun atas nama kepercayaan tidak mempermasalahkannya. Secara cara pandang usaha, memang perlu menghadirkan kwitansi sebagai bukti pembayaran. Bisa beli beberap buku kwitansi bila dikira-kirakan akan banyak penjualan untuk kredit hp oppo. Tetapi 1 buku kwitansi saja dianggap cukup untuk memulai menjalankan usaha ini.

4. Stempel Nama Brand Kredit Hp Oppo

Hal ini dianggap opsional. Artinya, untuk tahap pertama, tahap awal, stempel belum dibutuhkan. Namun bila sudah membangun konter, penjualan sudah mencapai minimal 10 biji dengan potensi bisa berkembang lebih nanyak, maka bisa membuat stempel nama brand. Profesional dalam menjalankan usaha tetap penting apalagi ingin menarget jangka panjang penjualan kredit hp oppo.

Sebarkan Kredit Hp Oppo Dengan Marketing Mulut Ke Mulut

Karena usaha kredit hp oppo menggunakan modal sendiri, jangan sekali-kali memasang iklan di tempat ramai seperti situs berita, iklan Facebook atau Google dan lainnya. Lagi pula, percuma saja mengingat target market harus terbatas. Untuk Andi Cellular sendiri membatasi diri hanya untuk kawasan Buntet Pesantren, di luar itu sebatas yang dikenal oleh si pemilik sendiri selagi masih bisa dijangkau. Intinya adalah ada pembatasan wilayah bahkan orang.

Biarkan orang yang membeli hp opp kredit akan melakukan penyampaian ke orang lain dan orang lain akan menyampaikan hal yang sama. Pada akhirnya banyak orang yang minat dengan tawaran kredit hp oppo. Teknik marketing mulut ke mulut saja, bisa membuat pemilik usaha kewalayan dalam hal permodalan. Contoh adalah Andi Cellular yang kadang hampir kewalahan dalam modal sampai meminta pegawai oppo menghendikan sementara penawaran kredit di jalur si pegawai oppo. Namun tidak sampai tidak bisa memenuhi kredit hp oppo untuk si konsumen.

Bekerjasama Dengan Pihak Oppo Sesuai Kota Anda

Nah, ini adalah langkah usaha kredit hp oppo yang bisa jauh lebih menguntungkan. Mengapa? Dengan bekerjasama dengan pihak oppo, maka bisa dengan mudah membeli dengan harga pabrik bukan harga konsumen. Ketika ada pemesan berapapun jumlahnya, pihak oppo yang ada di Cirebon akan menanganinya. Di samping mendapatkan keuntungan harga kredit, juga mendapatkan keuntungan penjualan harga konsumen. Jadi dua keuntungan bisa anda raih bila bekerjasama dengan perusahaan tertait khususnya oppo.

Apakah bisa bekerjasama dengan banyak perusahaan hp? Bisa saja. Namun untuk Andi Cellular tidak banyak bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Sepertinya hanya bekerjasama dengan pihak oppo, kurang begitu tahu. Yang jelas, mulai dari estalase, brosur, sampai para pegawai hanya berasal dari oppo yang ada di konter tersebut. Kebetulan, penjualan hp oppo dianggap bagus sehingga tidak membutuhkan kerjasama dengan yang lain pun tidak masalah.

Siapkan Pegawai Penanganan Pembayaran Kredit Hp Oppo

Pembahasan ini seandanya anda ingin melepas diri dalam urusan tagih-menagih atau pembayaran angsuran. Namun kalau urusanya skala kecil, lebih baik tidak membutuhkan pegawai. Tetapi bila anda memiliki kesibukan lain, bisa jadi anda membutuhkan orang terdekat yang siap menjadi pegawai, mengurusi pembayaran atau bila perlu menagih pembayaran angsuran langsung ke orangnya.

Hal yang paling sulit pembayaran angsuran yang akan dilakukan pegawai untuk kredit hp opp yaitu ada dua. Pertama, pembeli yang akan ditagih belum diketahui rumah huniannya. Tidak tahu rumah hunian dikarenakan yang mengurus penjualan hp adalah si pemilik usaha atau si pembeli mengunjungi konter kredit hp oppo. Pegawai dalam hal ini sepertinya tidak akan tahu-menahu soal tempat tinggal si pembeli. Kecuali bila si pembeli sudah dikenal oleh si pegawai.

Kedua, si pembeli yang tidak melalui pertemuan di konter akan merasa kesulitan membayar hutang lewat pegawai konter mengingat ada unsur kekhawatiran dan belum tahu tempat konter berada. Beberapa kasus, si pembeli harus bertanya-tanya tempat konter Andi Celluler untuk membayar hutang. Memang pada awalnya akan melakukan pembayaran langsung lewat pemilik konter. Namun karena terhalang pertemuan di saat masuk bulan angsuran, akhirnya menyuruh untuk membayar lewat konter. Pada akhirnya bisa menuju konter dan saya sendiri yang mengurus pembayaran angsuran kredit hp oppo.

Catatan pentingnya adalah, perlu orang terdekat anda yang akan menjaga konter untuk menangani pembayaran. Orang terdekat ini yang menjual pulsanya sendiri. Artinya, pegawai konter itulah sebagai pemilik usaha penjualan pulsa. Termasuk saya sendiri adalah pemilik usaha pulsa. Nah, saya pun sering mengurusi pembayaran para pengkredit hp oppo. Pegawai konter itu juga yang akan siap menemui pengkredit yang tidak punya waktu untuk berkunjung ke konter. Namun saya belum pernah menangani pengkredit dengan cara mengunjunginya. Dengan hadir orang lain yang bisa dipercaya, bisa meringankan usaha kredit hp oppo anda.